Selasa, 25 Oktober 2011

november,,satelir ROSAT akan jatuh ke bumi

Satu lagi satelit mati akan jatuh ke bumi. Lokasi jatuhnya satelit tersebut belum bisa dipastikan hingga dua jam menjelang memasuki Bumi.

Satelit yang bernama Roentgen Satellite (ROSAT) milik German Aerospace Center diperkirakan akan jatuh ke Bumi pada awal November. Wahana observatorium sinar X luar angkasa itu orbitnya membentang di atas garis lintang 53 derajat utara dan selatan. Dengan wilayah orbit yang luas itu, kemungkinan ROSAT bisa jatuh di mana saja mulai dari Kanada hingga Amerika Selatan.

Para ilmuwan masih aktif melacak satelit mati tersebut. Akan tetapi, banyak detil yang belum diketahui pasti sampai dengan dua jam sebelum satelit itu mencapai Bumi. "Sangat tidak mungkin memprediksi dengan tepat lokasi jatuhnya ROSAT," tegas Heiner Klinkrad, pimpinan Space Debris Office di European Space Agency.

Pada umumnya, saat satelit kembali memasuki atmosfer, sekitar 20-40 persen massanya akan mencapai Bumi. Khusus untuk ROSAT, jumlahnya bisa sedikit lebih besar karena satelit ini membawa struktur cermin anti-panas yang bisa melindungi beberapa bagian satelit dari gesekan dengan atmosfer.

Menurut perkiraan terakhir pejabat German Aerospcae, sebanyak 30 kepingan besar satelit tersebut akan mencapai Bumi setelah terbakar dan terkikis atmosfer. Secara keseluruhan, total berat komponen satelit yang akan jatuh ke Bumi mencapai 1,6 ton. Meski demikian, kemungkinan jatuhnya korban atau kerusakan properti yang disebabkan oleh ROSAT sangat kecil. (Sumber: Fox News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar